Jangan Mencoba SocialSpy WhatsApp Jangan Mencoba

Sebuah situs bernama SocialSpy WhatsApp kembali menjadi headline karena dapat digunakan untuk mengeklik obrolan WhatsApp orang lain.

Apakah itu benar? Dalam eksperimen yang dilakukan detikINET, narasi hampir dipastikan tidak penting. Dengan akal sehat, bagaimana Anda bisa mencegat WhatsApp dengan enkripsi ujung ke ujung dengan begitu mudah?

Di situs web, SocialSpy mengatakan bahwa pengguna harus memasukkan nomor telepon target bersama dengan kode negara. Pengguna kemudian harus membuktikan bahwa dia bukan bot dengan menyelesaikan proses verifikasi. Anda mengatakan Anda telah melihat tahap ketiga atau terakhir, percakapan target.

Situs itu sendiri sederhana. Ada kolom untuk memasukkan nomor telepon lengkap Anda dengan logo WhatsApp, langkah-langkah untuk mengikuti dan tombol kirim. Faktanya, jelas tidak mungkin menawarkan SocialSpy tanpa mencoba layanan apa pun.

Tapi itu saja untuk membuktikan bahwa ini adalah situs scam dan Anda tidak perlu membukanya. Kami akan mencoba segalanya. Format nomor telepon juga dicampur dengan teks, jadi saya memasukkannya apa adanya dan menekan tombol kirim.

Situs kemudian menampilkan animasi seperti ‘load’, akses server, pemuatan data, dll. Situs kemudian akan meminta konfirmasi untuk membuktikan bahwa kita bukan bot.

Langkah validasi yang disebutkan di sini adalah mengisi kuesioner individu. Oh, dan halaman verifikasi ini tidak lagi membawa Anda ke alamat SocialSpy Anda, tetapi ke situs pengumpulan-klik cpabuild di mana anggota dibayar berdasarkan jumlah klik pada tautan.

Jadi semakin banyak orang yang tertipu untuk ingin mengklik nomor WhatsApp tertentu (nomor pasangan), semakin banyak yang diperoleh pemilik tautan cpabuild.

Saat dihubungi detikINET, Alphonse Tanujaya, pengamat cybersecurity di Pasifikcom, mengatakan: “Ini scam. Jadi korban tertipu oleh layar yang bergerak seolah-olah proses pemantauan nomor target aktif.”

TRENDING  Resmi Meluncur, Simak Kecanggihan Televisi LED Premium LG Dengan Teknologi AI Dan Dolby

Dia menyimpulkan bahwa “pada kenyataannya, mereka akan diarahkan ke situs iklan yang akan mendapat untung dari klik pembuat aplikasi penipuan ini.”