Deteksi Dini Pemeriksaan EKG Bisa Kurangi Risiko Serangan Jantung

Laporan Wartawan , Hasiolan Eko Purwanto

JAKARTA – Masyarakat sebaiknya memiliki kesadaran deteksi dini untuk menekan risiko penyakit jantung. Hal itu merujuk pada tingginya kasus serangan jantung di Indonesia cukup tinggi.

Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan ada 4,2 juta orang di Indonesia mengalami penyakit kardiovaskular.

Tingginya angka penyakit jantung di Indonesia perlu ditekan lewat kesadaran untuk melakukan deteksi dini.

Imbauan itu dilontarkan Direktur Siloam Hospitals Mampang (Rumah Sakit Umum Siloam Mampang) dr Hery Bertus MARS. Dia menilai kesadaran masyarakat akan hal ini perlu dibangun oleh semua pihak, khususnya rumah sakit.

“Perlu membangun kesadaran masyarakat terhadap potensi kejadian penyakit akibat gangguan fungsi jantung,” katanya dalam pernyataan tertulis, dikutip Jumat (22/4/2022).

Dia menjelaska, gangguan fungsi jantung dapat terjadi pada siapa saja dan dari kalangan mana saja. Peningkatan kasus serangan jantung, kata dia, sering disebabkan faktor risiko dan gaya hidup.

Pola makan tidak teratur, gizi tidak seimbang, kurang olahraga, dan kebiasaan tidak sehat lainnya menjadi sejumlah lah yang memicu terjadinya risiko penyakit jantung.

Guna mengurangi risiko itu, satu di antara upaya mencegah dan mengurangi resiko serangan jantung lewat deteksi dini.

Satu di antara pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah menggunakan Elektrokardiogram (EKG). EKG merupakan pemeriksaan diagnostik yang merekam atau mengukur aktivitas kondisi jantung.

Elektrokardiogram atau EKG merupakan pemeriksaan diagnostik yang merekam atau mengukur aktivitas kondisi jantung.

Pada dasarnya, tes EKG tidak menimbulkan rasa sakit. Alat EKG ini akan ditempelkan pada bagian dada, tungkai, dan lengan.

Pada salah satu sisinya, akan dihubungkan dengan kabel pada mesin elektrokardiograf. Hasil pemeriksaan akan menggambarkan kondisi kesehatan jantung.

Biasanya, dokter menyarankan pemeriksaan kesehatan ini untuk pasien yang mengalami gejala seperti sulit bernapas, nyeri pada bagian dada, gangguan pada irama jantung, jantung berdebar-debar, serta tubuh yang mudah lelah dan lemas.

TRENDING  Kejar Target Bebas Malaria 2030, Kemenkes: 68 Persen Daerah Sudah Capai Eliminasi

Terkait pemeriksaan dan deteksi dini risiko penyakit jantung, dia mengatakan pihaknya menggelar pemeriksaan EKG gratis untuk sekitar 300 warga Kelurahan Duren Tiga, Jakarta.

“Acara ini sebagai bentuk pengabdian kesehatan masyarakat dan kepedulian Siloam Hospitals untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap potensi kejadian penyakit akibat gangguan fungsi jantung,” papar dia.

Dia menambahkan, Siloam Hospitals juga berperan aktif kepada kesehatan masyarakat melalui penyediaan layanan kesehatan secara menyeluruh dan holistik yang diberikan oleh para tenaga medis dokter spesialis dan paramedis serta melalui program health talk, pelatihan dan edukasi.

“Kegiatan edukasi pada penanganan pertama pada kegawatdaruratan serangan jantung, akan menjadi kegiatan lanjutan setelah EKG, ini sudah menjadi kalender CSR kami,” kata dr Hery Bertus.

300 Warga Ikuti EKG Gratis

Untuk membantu warga, RS Siloam Mampang baru saja menggelar kegiatan pemeriksaan rekam jantung atau EKG berlokasi di Siloam Mampang.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan wujud rasa syukur manajemen Siloam Hospitals Mampang yang kini memasuki 2 tahun beroperasi.

Kegiatan pemeriksaan EKG ini dilakukan di Siloam Hospitals Mampang dan diikuti 300 warga Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Toni Ismanto, Ketua RT 02/ RW 002 Kelurahan Duren Tiga mengatakan dirinya kini jadi lebih paham pentingnya mengetahui kondisi kesehatan jantung lewat pemeriksaan EKG.

“Dengan mengetahui hasil rekam jantung kami secara medis, kami semakin paham, betapa pentingnya deteksi dan fungsi jantung pada organ manusia. Terimakasih dan dirgahayu Siloam Hospitals Mampang, ” ungkap Toni Ismanto.

Cegah Pjk Dengan Modifikasi Gaya Hidup Mitra Keluarga
Deteksi dini penyakit jantung koroner bisa dilakukan melalui medical check up melalui pemeriksaan ekg treadmill test dan echokardiografi

Kurangi Resiko Serangan Jantung Melalui Deteksi Dini
3 days ago salah satu upaya mencegah atau mengurangi resiko serangan jantung adalah deteksi dini diantaranya dilakukan dengan pemeriksaan menggunakan

TRENDING  Dokter RS Siloam: Wanita Perlu Pahami Kesehatan Reproduksi Demi Cegah Tindak Kekerasan

Buku Praktis Kardiologi
Kategori pasien berdasarkan riwayat pemeriksaan fisik dan 12 lead ekg tabel yang di atas kemungkinan pre test pada penyakit jantung koroner pjk bisa

Deteksi Dini Pemeriksaan Ekg Bisa Kurangi Risiko Serangan Jantung
Deteksi dini pemeriksaan ekg bisa kurangi risiko serangan jantung tingginya angka penyakit jantung di indonesia perlu ditekan lewat kesadaran untuk melakukan

Siap Grak Deteksi Dini Pemeriksaan Ekg Dapat Kurangi Risiko
Siap grak deteksi dini pemeriksaan ekg dapat kurangi risiko serangan jantung 07 25 22 04 2022 siap grak deteksi dini pemeriksaan ekg dapat kurangi

Prodia Health Care
Kami juga menawarkan berbagai layanan pemeriksaan prediktif untuk masalah kesehatan di masa depan dan upaya upaya pencegahan untuk mengurangi risiko penyakit

Penyakit Jantung Halodoc
Penyebab dan faktor risiko dari penyakit jantung tergantung pada jenis pemeriksaan ini umumnya dilakukan untuk mendeteksi dini penyakit jantung koroner

Elektrokardiogram Ekg Pemeriksaan Jantung Primaya Hospital
Pemeriksaan jantung ekg bertujuan mendeteksi adanya kelainan seperti aritmia atau gangguan irama jantung penyakit jantung koroner kelainan katup jantung

Cegah Risiko Dengan Skrining Berkala Rs Pondok Indah
Berbagai masalah kesehatan kini banyak dialami oleh masyarakat di usia produktif pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat mengurangi risiko hilangnya masa

Deteksi Dini Pemeriksaan Ekg Bisa Kurangi Risiko Serangan Jantung
3 days ago guna mengurangi risiko itu satu di antara upaya mencegah dan mengurangi resiko serangan jantung lewat deteksi dini satu di antara pemeriksaan

Kurangi Risiko Serangan Jantung Melalui Deteksi Dini Pemeriksaan
3 days ago dia menjelaskan salah satu upaya mencegah atau mengurangi risiko serangan jantung adalah deteksi dini diantaranya dilakukan dengan pemeriksaan